Rabu, 09 Mei 2012

SEJARAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 Masa Prasejarah
sejarah TIK sesungguhnya sudah mulai dikenal manusia sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Pada zhaman dahulu para manusia atau makhluk hidup sudah mula berkomunikasi dengan symbol-simbol dan isyarat. Manusia pada jaman dulu hanya mampu berkomunikasi dengan suara dan isyarat tangan mampu mendokumentasikan informasi dalam bentuk gambar pada dinding-dinding gua.
Perkembangan teknologi selanjutnya, yaitu dengan diciptakan dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, serta isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya. Pada masa ini, teknologi informasi belum menjadi teknolgi massal seperti yang kita kenal sekarang dan hanya digunakan pada saat-saat khusus.
Masa Sejarah
Perkembangan TIK semakin maju pada masa ini, di massa ini mulai ditemukannya kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa. Pada masa ini, informasi belum tersebar secara massal. Pada tahun 3000 SM Untuk pertama kalinya, ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol yang dibentuk dari piktograf. Selain itu, terdapat tulisan hieroglif yang dikembangkan oleh orang-orang Mesir. Dengan semakin berkembangnya informasi dan komunikasi. Manusia juga menggunakan merpati sebagai sarana pengirim. Papirus merupakan alat tulis pertama yang mudah dibawa kemana mana Pada tahun 500 SM diciptakan di Mesir.
Pada tahun 105 SM Tsai Lun dari Cina menemukan kertas. Kertas dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan, dan dikeringkan. Satu abad kemudian mulai diciptakan buku seperti jaman sekarang.
Masa Modern (Sekarang)
Pada masa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 1455 mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi di buat oleh Johann gutenberg . setelah perkembangan zaman Pada tahun 1714, Henry Mill menciptakan mesin ketikdan sampai sekarag yang sering d gunakan adalah media komputer. Peralatan ini didesain utntuk mampu memasukkan data, mengolah data. Dan hand phone juga salah satu alat telekomunikasi moderen yang bisa mengirim pesan sampai jarak jauh ini merupakan perkembangan telekomunikasi jaman dahulu yang menggunakan merpati sebagai media.
Tahun 1972 Ray Tomlinson menciptakan program E-mail yang digunakan untuk alat komunikasi jarak jauh menggunakan teks.E-mail yang di sebut juga surat elektronik. Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar